Monday 18 October 2010

catatan kecil di binder (part 3)

"Everybody's hurt somebody before 
everybody's been warned by somebody before". 

Tiba2 Lagu victim of love-nya Good Charlotte bergema di kamar gue. My daily alarm is active. Itu artinya udah jam 4:00 pagi. Lagu itu setia menemani gue setiap pagi. Sebenarnya gue kurang setuju ama judul lagunya yang terang2an nyindir gue (apa gue yang kesindir ya?!) tapi musiknya yang heboh cukup ampuh buat ngobrak-ngabrik mimpi gue.

Tuts! Alarm gue stop setelah sebelumnya beberapa kali mencet snooze. Gak kerasa udah hampir jam lima. Azan berkumandang. Gue langsung ambil wudhu dan bersiap2 ke mesjid. Nyokap gue bilang cowok sebaiknya sholat berjamaah di mesjid. Why? Sampe sekarang gue masih gak tau apa alasan nyokap bilang gitu. Selama tu gak merusak iman gue, i'll do it. I just wanna be a nice boy 4 my parent..

.. Di luar rumah, udaranya seger banget kayak di desa2. Jalanan masih sepi. Dari ujung jalan keliatan cuma ada sekitar 1-2 kendaraan yang lewat. Awalnya gue pikir nyasar ke jalan bandara SMB tapi tiba2 BRUKK!!! Haduuhh.. Becak yang lagi parkir di depan gue sontak ngingetin gue. Kubah mesjid udah keliatan. Gue melangkah dengan semangat. Seolah2 ada big surprise yang nunggu gue disana. Nyampe di mesjid, gue langsung sholat sunat. Sambil nunggu iqomat, gue liat sekeliling. Sepi. Cuma ada 6,5 orang. Orang ketujuh masih di ragukan keberadaannya. Gue perhatiin dari tadi tu orang khusyu banget menikmati alam bawah sadarnya sambil sesekali menahan kepala persis orang lagi mengheningkan cipta.

.. Hmm.. Kadang gue ngebayangin seandainya jemaah sholat rame kayak yang mo ikutan audisi indonesian idol. Gue yakin Allah udah ngatur semuanya. Mungkin mereka ada halangan, atau mungkin ada yang mo ke mesjid tapi tiba2 ada panggilan alam..

.. Terdengar iqomat, gue berdiri. Berjalan menuju barisan shaf yang harus lurus dan rapat. Imam takbir, gue ngikutin. Begitu seterusnya sampe salam. Selesai sholat, gue ngaji dulu di mesjid. Bukannya pamer, tapi buat gue ngaji tu penting. Sebagai tombo ati kata mas Opick. Jam setengah 6, gue pulang ke rumah.

.. Orang2 udah mulai rame memulai aktifitasnya di pagi hari. Ada yang buka toko, bersih2 rumah, ada juga yang masih berkeliaran di alam mimpi. Di pinggir jalan para penjual nasi uduk, laksan, burgo, dan sejenisnya mulai sibuk melayani pembeli yang rata2 kaum hawa yang menurut gue punya rasa tanggung jawab besar terhadap keluarga. Itu terlihat dari tindakannya yang lebih mementingkan sarapan buat keluarga daripada penampilan. Gue liat ada yang masih pake baju tidur, ada yang rambutnya acak2n kayak antara di bleaching dan rebonding, ada yang wajahnya kusut seperti pakaian belum di setrika, dll. Aroma khas makanan tersebut sangat kontras dengan aroma ibu2 yang berada di sekitarnya. Insting hidung gue yang udah terlatih ini jadi agak terganggu. Hidung gue misuh2. Pengen pergi jauh2 dari tempat itu. Tapi tidak ama perut gue. Yah, semalam gue cuma makan mie doang. Perut gue meronta-ronta minta di isi. Gue mencoba mendekat sambil me-nonaktifkan hidung gue. Dengan modal kegantengan dan kelaparan, gue udah berada di antara wanita2 tersebut. Look around, pemandangan di sekitar gue mengerikan banget. Gue merasa diri gue senasib kayak Boo, anak kecil yang masuk ke dunia monster (Monster Inc.-red). Tiba2 ada ibu di samping gue, basa-basi nanya gue "baru balek dari mesjid e, do?" gue noleh ke ibu itu sambil tersenyum. Eh, wait a moment please.. Ada sesuatu yang memaksa gue menarik kembali senyuman gue. Ada something wrong ama ibu ini. I'm so scary. Ibu itu tersenyum. Gue semakin ketakutan. TO BE CONTINUE..

3 comments:

  1. aneh bgt takut ma ibu2...takut dijadiin menantunya ea??????????

    ReplyDelete
  2. mw dijadiin tukang kebun mungkin...jgn ge-er dulu lah! kwkwkwkkwkwwkw

    ReplyDelete