Friday 6 September 2013

Menghafal


Oke jadi tulisan ini gw bikin berdasar pengalaman gw. Pengalaman gw di pondok, baik sewaktu menghafal ataupun menyimak. Maaf kalau banyak kekurangan.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan selama menghafal alqur'an adalah : tata cara menghafal, target dan konsistensi.

Setiap orang punya daya ingat yang berbeda-beda. Cara mengingat pun beda. Ada orang yang kalau gini, baru bisa ingat.

Ada banyak buku cara-cara mengahafal yang baik. Cari aja di toko, ada banyak itu. Dan kalau boleh gw nyaranin alangkah baiknya kalau cara kita mengahafal itu kita sendiri yang membuatnya. Kita lebih tau tentang bagaimana daya otak kita.

Mungkin bisa di mulai dengan mencari waktu yang pas. Gw pernah ketemu beberapa ustad yang hafal al-qur'an dan berpengalaman di bidang itu. Mereka bilang kalau waktu subuh adalah saat yang tepat untuk menghafal. Baik sebelum atau ba'da subuh. Gw setuju. Thats a great thing, saat kita memulai hari kita dengan membaca al-qur'an.

Dan dulu sewaktu gw di pondok, sore adalah waktu yang di saranin ustad. Selain mungkin karna pagi mau sekolah, jadi waktunya mepet. Dan juga kalau sore (ba'da ashar) adalah waktu yang fresh. Jadi sebelum ashar bisa digunakan untuk istirahat terlebih dahulu.

Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa sebelum memulai menghafal.

Kalau gw dulu caranya gini. Kan pake qur'an pojok gitu. Perhalaman ada 15 baris. Gw menghafal per/ lima baris. Dan setiap lima baris itu itu di hafalin sebaris2 dulu. Kalau langsung fokus ke satu halaman langsung, itu kelihatan berat bagi gw. Jadi mending ngafalnya per lima baris.

Lanjut, kalau rasanya udah nempel yang 5 baris tadi, langsung pindah ke lima baris berikutnya. Jadi bakal ada 3 tahapan. Dan gw usahain tiap tahapan itu hafalannya nempel kayak perangko (apaseeh). Jadi kalo udah abis tahapan yang terakhir, dan pas ngulang yang tahap pertama itu gak susah2 amat.

Nah kalau udah hafal itu di setorkan atau di minta simak oleh ustad/pembimbing. Usahain lancar. Karna kalau pas nyetor hafalan itu udah lancar, itu akan berakibat baik pas ngulangnya. Begitu juga kalau nyetornya ada salah disana sini.

Oke, setelah menemukan cara menghafal yang cocok, mulailah untuk memasang target.

Klo gw di pondok dulu, samalah kayak pondok2 tahfizh biasanya, sehari sehalaman. Tapi ya namanya juga masih labil. Adalah nakal2 nya dikit. Target perhari nya dapet, tapi gak konsisten. Hari ini menghafal, besoknya nggak. Ehemm..

Namanya juga hidup, ya pasti ada tantangan. Disinilah konsistensi kita di pertanyakan.

Jadi gw mau berbagi sedikit motivasi. Maaf aja kalau gak mempan. Klo di bandingin ama golden ways ya jauh. Anggaplah ini bronze ways atau apalah. Lagian ini gw juga ngopy. Hikk..

Ada yang tau sosok hartadinata harianto? Boleh di googling sendiri. Gw kasih bocoran, dia ini motivator muda.

Gw pernah nonton dia pas lagi live di tvone. Dia di minta orang tv itu buat ngasih motivasi. Gw jelasinnya singkat aja. Katanya ada tiga kunci untuk mencapai cita2, yaitu : 

1) motivasi. Kalau dalam menghafal ya niat kita.
2) percaya diri. Percaya sama kemampuan diri. I CAN DO THIS!
3) determinasi atau daya juang. I'LL DO ANYTHING!


Oke, semoga bermanfaat. Bye :)

No comments:

Post a Comment